Text
HUBUNGAN EMOTIONAL QUOTIENT DENGAN SELF-ADJUSTMENT PADA SANTRI YANG BERSEKOLAH (Di Wilayah Pondok Pesantren Anwarul Huda Kabupaten Jombang)
endahuluan: Self-adjustment yang buruk dapat menyebabkan stress, kecemasan, dan ketidaknyamanan yang dapat mengganggu proses belajar serta kehidupan sosial santri. Faktor yang diyakini berperan penting dalam kemampuan self-adjustment ini adalah emotional quotient. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan emotional quotient dengn self-adjustment pada santri yang bersekolah di Pondok Pesantren Anwarul Huda Jombang. Metode: Jenis penelitian ini kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Populasi pada penelitian ini semua santri yang bersekolah di Pondok Pesantren Anwarul Huda sebanyak 126 santri. Sample dalam penelitian berjumlah 32 santri yang diambil menggunakan teknik simple random sampling. Variabel independen Emotional Quotient di ukur menggunakan Emotional Intelligence Questionnaire, dan variabel dependen Self-Adjustment diukur menggunakan Kuisioner Penyesuaian Diri. Pengolahan data editing, coding, scoring, tabulating dan analisis statistic menggunakan uji spearman rank dengan α
Tidak tersedia versi lain