Perpustakaan ITSKes Insan Cendekia Medika Jombang

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Login Pemustaka
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of PENGGUNAAN GADGET DENGAN KEJADIAN KELELAHAN MATA PADA REMAJA USIA 18-24 TAHUN (Studi Di Program Studi S1 Ilmu Keperawatan Fakultas Kesehatan ITSkes ICME Jombang)
Penanda Bagikan

Text

PENGGUNAAN GADGET DENGAN KEJADIAN KELELAHAN MATA PADA REMAJA USIA 18-24 TAHUN (Studi Di Program Studi S1 Ilmu Keperawatan Fakultas Kesehatan ITSkes ICME Jombang)

Asri Novianti - Nama Orang;

Pendahuluan: Kelelahan mata merupakan gangguan yang sering dialami akibat penggunaan gadget dalam jangka waktu lama, terutama pada aktivitas yang memerlukan fokus pandangan dekat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan penggunaan gadget dengan kejadian kelelahan mata pada remaja usia 18-24 tahun di Program Studi S1 Ilmu keperawatan Fakultas Kesehatan ITSKes ICME Jombang. Metode: Jenis penelitian adalah kuantitatif, Desain penelitian cross sectional. Populasi berjumlah 210 responden menggunakan tehnik proporsional random sampling dan didapatkan sampel sejumlah 138 responden. Variabel independent penggunaan gadget dan variabel dependent kelelahan mata. Pengumpulan data menggunakan kuesioner VFI (Visual Fatigue Index) dan penggunaan gadget menggunakan kuesioner Smartphone addiction. Pengelolaan data meliputi editing, coding,tabulating,scoring. Analisa data menggunakan uji Chi-Square. Hasil: Hasil penelitian menunjukan hampir setengahnya penggunaan gadget tinggi yaitu
68 (49,3%), sedang 49 (35,5%), rendah 21 (15,2%) pada kelelahan mata hampir seluruhnya mengalami kelelahan mata sebanyak 105 remaja (76,1%) dan tidak kelelahan 33 (23,9%). Dari uji statistik Chi-square nila p=(0.000) < α = (0,05) maka H1 diterima, artinya ada hubungan penggunaan gadget dengan kejadian kelelahan mata pada remaja usia 18-24 Studi di Program Studi S1 Ilmu Keperawatan Fakultas Kesehatan ITSKes ICME Jombang. Kesimpulan: ada hubungan yang antara penggunaan gadget dengan kejadian kelelahan mata pada remaja usia 18-24 Studi di Program Studi S1 Ilmu Keperawatan Fakultas Kesehatan ITSKes ICME Jombang. Saran : Metode istirahat mata yaitu 20-20-20 artinya menggunakan gadget selama 20 menit lalu alihkan pandangan dari layar gadget dengan melihat objek lain pada jarak 20 kaki (6 meter) selama 20 detik untuk mencegah terjadinya gejala kelelahan mata. Kata kunci : Penggunaan gadget, Kelelahan mata, Remaja


Ketersediaan
#
My Library 616 Nov p
11316
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
616 Nov p
Penerbit
Jombang : ITSKes Insan Cendekia Medika Jombang., 2025
Deskripsi Fisik
xvii, 112 h.,ill ind., 27 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
616
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
remaja
Penggunaan gadget,
Kelelahan mata
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • PENGGUNAAN GADGET DENGAN KEJADIAN KELELAHAN MATA PADA REMAJA USIA 18-24 TAHUN (Studi Di Program Studi S1 Ilmu Keperawatan Fakultas Kesehatan ITSkes ICME Jombang)
    Pendahuluan: Kelelahan mata merupakan gangguan yang sering dialami akibat penggunaan gadget dalam jangka waktu lama, terutama pada aktivitas yang memerlukan fokus pandangan dekat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan penggunaan gadget dengan kejadian kelelahan mata pada remaja usia 18-24 tahun di Program Studi S1 Ilmu keperawatan Fakultas Kesehatan ITSKes ICME Jombang. Metode: Jenis penelitian adalah kuantitatif, Desain penelitian cross sectional. Populasi berjumlah 210 responden menggunakan tehnik proporsional random sampling dan didapatkan sampel sejumlah 138 responden. Variabel independent penggunaan gadget dan variabel dependent kelelahan mata. Pengumpulan data menggunakan kuesioner VFI (Visual Fatigue Index) dan penggunaan gadget menggunakan kuesioner Smartphone addiction. Pengelolaan data meliputi editing, coding,tabulating,scoring. Analisa data menggunakan uji Chi-Square. Hasil: Hasil penelitian menunjukan hampir setengahnya penggunaan gadget tinggi yaitu 68 (49,3%), sedang 49 (35,5%), rendah 21 (15,2%) pada kelelahan mata hampir seluruhnya mengalami kelelahan mata sebanyak 105 remaja (76,1%) dan tidak kelelahan 33 (23,9%). Dari uji statistik Chi-square nila p=(0.000) < α = (0,05) maka H1 diterima, artinya ada hubungan penggunaan gadget dengan kejadian kelelahan mata pada remaja usia 18-24 Studi di Program Studi S1 Ilmu Keperawatan Fakultas Kesehatan ITSKes ICME Jombang. Kesimpulan: ada hubungan yang antara penggunaan gadget dengan kejadian kelelahan mata pada remaja usia 18-24 Studi di Program Studi S1 Ilmu Keperawatan Fakultas Kesehatan ITSKes ICME Jombang. Saran : Metode istirahat mata yaitu 20-20-20 artinya menggunakan gadget selama 20 menit lalu alihkan pandangan dari layar gadget dengan melihat objek lain pada jarak 20 kaki (6 meter) selama 20 detik untuk mencegah terjadinya gejala kelelahan mata. Kata kunci : Penggunaan gadget, Kelelahan mata, Remaja
    Other Resource Link
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan ITSKes Insan Cendekia Medika Jombang
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Pusat Pendidikan Teknologi Sains dan Kesehatan, dengan Moto “ICME THE BEST” ~Intellectuality, Creativity, Morality, Empathy, Trust, Health, Esthethic, Brilliant, Excellency, Spirit dan Totality.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?