Perpustakaan ITSKes Insan Cendekia Medika Jombang

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Login Pemustaka
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of HUBUNGAN PENGGUNAAN GADGET DENGAN TINGKAT KONSENTRASI BELAJAR MAHASISWA
Penanda Bagikan

CD-ROM

HUBUNGAN PENGGUNAAN GADGET DENGAN TINGKAT KONSENTRASI BELAJAR MAHASISWA

Devi Putriani - Nama Orang;

Di Indonesia penggunaan gadget dikalangan mahasiswa berada diposisi tertinggi. Mahasiswa saat ini banyak menggunakan gadget pada saat proses perkuliahan. Hal ini membuat mahasiswa tidak dapat memusatkan perhatiannya pada materi pembelajaran.
Sumber data pencarian basis data elektronik komprehensif dilakukan di Pubmed, Perpusnas, Elsevier, PMC dan Google scholar dengan kriteria inklusi yaitu memakai jurnal internasional dan nasional terbitan 5 tahun terakhir yang berbahasa Inggris dan Indonesia dengan study design analitik correlational dan systematic/literature review serta menggunakan istilah dan kata kunci “Student OR Teenager” AND “Learning Concentration” AND “Gadget Addiction” sehingga menemukan 10 jurnal yang sesuai dengan kriteria inklusi.
Berdasarkan hasil literature review sebanyak 10 artikel yang terdiri dari 5 artikel jenis penggunaan gadget dan 5 artikel jenis tingkat konsentrasi belajar menyatakan bahwa mahasiswa menggunakan gadget untuk menggunakan fitur atau fungsi gadget itu sendiri, seperti game online dan internet. Hal inilah yang membuat mereka sibuk bermain gadget pada saat didalam kelas, mengantuk pada saat pembelajaran berlangsung, bahkan tidak jarang mereka dapat stress yang tinggi dari kecanduan tersebut. Dari akibat tersebut membuat mahasiswa tidak mampu berkonsentrasi pada pembelajaran yang sedang berlangsung.
Berdasarkan literature review dari 10 jurnal penelitian dapat diambil kesimpulan bahwa adanya hubungan antara penggunaan gadget dengan tingkat konsentrasi belajar mahasiswa dimana gadget yang digunakan secara berlebihan dapat membuat mahasiswa menggunakan gadget secara bebas tak terkecuali pada saat pembelajaran didalam kelas. Hal inilah yang menyebabkan mahasiswa tidak mampu memusatkan pemikiran pada materi yang disampaikan.
Kata kunci: penggunaan gadget, konsentrasi belajar, mahasiswa


Ketersediaan
#
My Library 370.15 Put h
14244
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
370.15 Put h
Penerbit
Jombang : STIKES INSAN CENDEKIA MEDIKA., 2020
Deskripsi Fisik
80 hlm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
370
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Konsentrasi Belajar
Psikologi Pendidikan
Penggunaan Gadget
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Devi Putriani
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan ITSKes Insan Cendekia Medika Jombang
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Pusat Pendidikan Teknologi Sains dan Kesehatan, dengan Moto “ICME THE BEST” ~Intellectuality, Creativity, Morality, Empathy, Trust, Health, Esthethic, Brilliant, Excellency, Spirit dan Totality.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?