Perpustakaan ITSKes Insan Cendekia Medika Jombang

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Login Pemustaka
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

PENGARUH METODE BERMAIN PERAN TERHADAP KEMAMPUANSOSIALISASI ANAK PRA SEKOLAH

DESI ADE STIA - Nama Orang;

PENGARUH METODE BERMAIN PERAN TERHADAP KEMAMPUAN SOSIALISASI ANAK PRASEKOLAH
(Studi di TK Tunas Abadi II Besah Kecamatan Kasiman Kabupaten Bojonegoro)
Desi Ade Stia
STIKES ICMeJombang
Deadestia26@gmail.com

ABSTRAK
Keterbatasan kemampuan sosialisasi pada anak usia prasekolah merupakan hambatan yang paling umum saat anak memasuki TK. Sosialisasi dipengaruhi oleh jenis kelamin dan pendidikan ibu. Kemampuan sosialisasi dapat dilatih dengan berbagai macam metode pembelajaran baik dari keluarga atau dari sekolah. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh metode bermain peran terhadap kemampuan sosialisasi anak prasekolah di TK Tunas Abadi II Besah Kecamatan Kasiman Kabupaten Bojonegoro.
Desain penelitian ini adalah kuantitatif menggunakan one group pre-post test design. Populasi dalam penelitian ini adalalah anak prasekolah di TK Tunas Abadi II Besah sebanyak 31 anak dan sampel sebanyak 21 anak. Teknik sampling yang digunakan purposive sampling. Variabel independen penelitian ini metode bermain peran dan variabel dependen kemampuan sosialisasi anak prasekolah. Pengumpulan data menggunakan observasi. Pengolahan data menggunakan editing, coding, scoring, tabulating. Analisis menggunakan uji Wilcoxon dengan α=5%.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 21 responden sebagian responden sebelum diberikan metode bermain peran memiliki kemampuan sosialisasi kurang sebesar 71,4% atau 15 anak dan setelah diberikan metode bermain peran sebagian besar responden memiliki kemampuan sosialisasi baik sebesar 57,1% atau 12 anak. Berdasarkan uji Wilcoxon didapatkan hasil ρ= 0,000 < α= 0,05 sehingga H1 diterima.
Kesimpulan dari penelitian ini ada pengaruh metode bermain peran terhadap kemampuan sosialisasi anak prasekolah di TK Tunas Abadi II Besah Kecamatan Kasiman Kabupaten Bojonegoro.
Kata kunci : Bermain peran, Kemampuan sosialisasi, Anak prasekolah


Ketersediaan
#
My Library 371.337 Sti p
14448
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
371.337 Sti p
Penerbit
Stikes icme jombang : Perpustakaan STiKes ICMe Jombangs., 2019
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
-
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan ITSKes Insan Cendekia Medika Jombang
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Pusat Pendidikan Teknologi Sains dan Kesehatan, dengan Moto “ICME THE BEST” ~Intellectuality, Creativity, Morality, Empathy, Trust, Health, Esthethic, Brilliant, Excellency, Spirit dan Totality.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?