Perpustakaan ITSKes Insan Cendekia Medika Jombang

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Login Pemustaka
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

CD-ROM

PENGARUH TERAPI BERMAIN PUZZLE TERHADAP TINGKAT KOOPERATIF PADA ANAK PRA SEKOLAH DI RUANG ANAK RUMAH SAKIT BHAYANGKARA WAHYU TUTUKO BOJONEGORO

ELY ANA - Nama Orang;

Saat anak dalam keadaan sakit dan menjalani perawatan di rumah sakit dapat menimbulkan stres bagi kehidupannya. Anak sering menjadi tidak kooperatif terhadap perawatan dan pengobatan di rumah sakit, sulit/menolak untuk didekati, dan berinteraksi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh terapi bermain puzzle terhadap tingkat kooperatif pada anak pra sekolah di Ruang Anak Rumah Sakit Bhayangkara Wahyu Tutuko Bojonegoro tahun 2018.
Jenis penelitian ini analitik dengan desain pre eksperimen one group pra-post test design. Populasinya adalah seluruh anak umur 3-6 tahun yaitu sebanyak 30 anak. Metode sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Data penelitian ini diambil dengan observasi. Setelah ditabulasi data yang ada dianalisis dengan menggunakan uji SPSS Wilcoxon dengan tingkat koefisien 0,05.
Hasil penelitian menunjukkan dari 25 anak yang tidak kooperatif sebelum diberi terapi bermain puzzle, lebih dari sebagian yaitu sebanyak 14 anak (56,6%) setelah diberi terapi bermain puzzle berperilaku kooperatif selama dilakukan tindakan keperawatan. Dari hasil analisis data menggunakan uji statistik Wilcoxon didapatkan hasil Asymp. Sig (2.tailed) = 0,000, dengan  = 0,05 sehingga H0 ditolak, yang artinya ada pengaruh terapi bermain puzzle terhadap tingkat kooperatif pada anak pra sekolah.
Melihat hasil penelitian ini maka perawat memerlukan sikap kooperatif dari anak yang dapat dilakukan dengan cara memberikan alat bermain untuk menanggulangi pengalaman yang tidak menyenangkan, pengobatan dan prosedur invasif sehingga anak dapat lebih kooperatif selama dilakukan tindakan keperawatan.

Kata Kunci : Terapi Bermain Puzzle, Tingkat Kooperatif, Anak Prasekolah.


Ketersediaan
#
My Library 615.542 Ely p
180380
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
615.542 Ely p
Penerbit
Jombang : STIKES INSAN CENDEKIA MEDIKA., 2018
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
610
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Terapi anak
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan ITSKes Insan Cendekia Medika Jombang
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Pusat Pendidikan Teknologi Sains dan Kesehatan, dengan Moto “ICME THE BEST” ~Intellectuality, Creativity, Morality, Empathy, Trust, Health, Esthethic, Brilliant, Excellency, Spirit dan Totality.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?