Perpustakaan ITSKes Insan Cendekia Medika Jombang

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Login Pemustaka
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

PENGARUH TERAPI BERMAIN BERCERITA METODE BONEKA TANGAN TERHADAP KEMAMPUAN BERKOMUNIKASI VERBAL PADA ANAK PRASEKOLAH

Anita Fadhilah - Nama Orang;

Abstrak
Keterlambatan berkomunikasi (gangguan bicara) merupakan kelainan yang paling umum di usia saat memasuki TK (sebelum usia sekolah), untuk meningkatkan kemampuan berkomunikasi pada anak adalah metode cerita menggunakan boneka tangan. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis pengaruh terapi bermain bercerita metode boneka tangan terhadap kemampuan berkomunikasi verbal pada anak prasekolah.
Jenis dari penelitian ini adalah kuntitatif, desain penelitian ini pra ekperiment one group pra – post test desingh, populasinya adalah semua anak di TK Kartika Chandra Kirana Kodim Jombang sebanyak 62 anak, sampel berjumlah 54 anak dengan menggunakan stratified random sampling. Variabel independen adalah terapi bermain bercerita metode boneka tangan dan variabel dependen adalah kemampuan berkomunikasi verbal. Pengolaha data dengan editing, coding¸ scoring, dan tabulating serta analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji wilcoxon < α = 0,05.
Hasil dari penelitian menunjukkan sebelum dilakukan terapi bermain bercerita metode boneka tangan diperoleh sebagian besar responden kemampuan komunikasi verbal kurang yaitu 39 anak (72,2%), sesudah dilakukan terapi bermain bercerita metode boneka tangan diperoleh hampir dari setengah responden kemampuan komunikasi verbal baik yaitu sejumlah 21 anak (38,9%) Hasil analisa data menggunakan uji statistik wilcoxon dengan nilai signifikan p = 0,000 < α = 0,05 maka H1 diterima.
Kesimpulan penelitian ini adalah ada pengaruh terapi bermain bercerita metode boneka tangan terhadap kemampuan berkomunikasi verbal pada anak prasekolah di TK Kartika Chandra Kirana Kodim Jombang, Kab. Jombang.


Kata Kunci : Berkomunikasi verbal, terapi bermain bercerita, anak


Ketersediaan

Tidak ada salinan data

Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
612.65 Fad p
Penerbit
Jombang : Perpustakaan STIKes Insan Cendekia Medika Jombang., 2018
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
610
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
2018
Subjek
Perkembangan Anak
Info Detail Spesifik
Skripsi
Pernyataan Tanggungjawab
Anita Fadhilah
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan ITSKes Insan Cendekia Medika Jombang
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Pusat Pendidikan Teknologi Sains dan Kesehatan, dengan Moto “ICME THE BEST” ~Intellectuality, Creativity, Morality, Empathy, Trust, Health, Esthethic, Brilliant, Excellency, Spirit dan Totality.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?